Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Pola Minngu Zoom
Meeting
Di SMPN 1 Baleendah
Oleh Endang Setia Permana SMP Negeri 1 Baleendah
Tak terasa kegiatan PJJ di tahun
pelajaran 2020/2021 sudah memasuki minggu ke-4 bulan September 2020, artinya
sekolah melakukan jilid kedua kegaiatan Pembelajaran Jarak Jauh di dua tahun
pelajaran , yaitu tahun pelajaran sebelumnya dan tahun pelajaran sekarang
berjalan. Walupun memasuki jilid dua tapi masih ada beberapa hal-hal yang
meninggalkan masalah pada implementasinya. Minimnya manjajemen PJJ bagi sekolah
dengan guru yang lebih banyak memasuki usia pensiun menjadi tantangan
tersendiri, di sisi lain juga ditemukan beberapa hambatan daya dukung siswa dan
orang tua berkaitan ketersedian HP atau kuotaHal ini dirasakan bagi keluarga
tertentu. pengeluaran kuota bagi keluarga yang memiliki usia belajarnya banyak
dirasakan berat. Hal tersebut
disampaikan kepada walikelas dengan meminta ijin untuk memilih PJJ yang
mengurangi beban pengeluaran kuota.
Alhamdulillah khabar berita bantuan
kuota murah dan gratis dari Pemerintah melalui kebijakan Menteri Pendidikan
memberi angin segar di sekolah kami. Batas 15 September 2020 sebagai masa entry
nomor ponsel ke dapodik oleh operator sekolah menjadi kegiatan marathon warga
sekolah baik walikelas sebagai pengumpul data no handphone ponsel siswa asuhnya
dan kegaiatan operator yang harus mengintrikan seluruh data siswa dan pendidik
di sekolah kami.
Minggu ke tiga bulan September merupakan
minggu Penilaian Tengah Semester. Pola penilaian tahun ini terasa berbeda
dengan penerapan kurikulum dalam kondisi khusus. Pola penilaian sekarang
berbasis pendidik pengampu pelajarannya , guru diberi kesempatan menentukan
hasil penilaian Tengah Semester melalui Tes Tulis atau Fortopolio tugas.
Minggu keempat September kami buat
program khusus sekolah yaitu minggu Zoom Meeting , mungkin bagi sekolah lain
itu bukanlah hal luar biasa bahkan menjadi pilihan model pembelajaran berbasis teleconference .
Kebijakan ini cukup menuai pertanyaan
dari para guru namun kami belajar mensosialisasikan pada mereka bahwa minggu
tersebut merupakan minggu momentum kegiatan serentak zoom meeting dengan
pengaturan tertentu. Ada dua hal target kegiatan ini yaitu kesatu bagi guru mereka dipaksa untuk mau dan bisa
melakukan kegiatan pembelajaran pola teleconference sebagai pemicu pola KBMnya.
Hasilnya ada pergerakan menarik bagi guru mata pelajaran mereka segera
berdiskusi di musyawarah guru mata pelajaran berbasis sekolah. Kelompok Guru
mata pelajaran melakukan ekplorasi bersama di laboratorium Komputer dan
langsung mendapat pendampingan oleh Tim IT sekolah dalam mendownload aplikasi,
membuat undangan zomm meeting, sekaligus simulasi. Ada pula guru yang terhimpun
di tempat ruangan lainnya dengan bantuan tutor sebaya guru yang melek informasi.
Kami mencoba menyeragamkan kegiatan dengan salah satu aplikasi teleconference
yang ada walaupun saat ini menngunakan aplikasi versi gratisnya. Sedangkan bagi
guru yang sangat awam dan gaptek kami sediakan fasilitator Tim IT untuk memntu
sepenuhnya maka guru cukup melakukan kegiatan zoom meeting dengan membuka,
melaksanakn dan menutup kegiatan setiap sesinya. Sedangkan target keduanya bagi
guru agar mereka betul-betul menggunakan kuota belajar menteri bisa digunakan
dalam proses belajar mengajarnya selama pandemik ini.
Bagi siswa kegiatan ini juga meruapakan
momentum mengenal temannya satu ruang maya untuk bersua baik dengan guru maupun
rekan baru sekelasnya. Kami menyebutnya penguatan chemistri pembelajaran. Salah
satu hal yang ingin dibidik dari siswa adalah agar mereka siswa dapat
menngunakan kuota belajarnya sekaligus mengecek informasi sudah atau belumnya
bantuan kuota itu diterima.
Skenario kegiatan serentak Zoom Meeting
kami susun dengan langkah-langkah sebagai berikut ;
1. Mengirimkan surat edaran kegiatan zoom meeting kepada guru-guru dengan jadwal khusus setiap harinya. Sekaligus edaran kepada orang tua siswa melalui pergroupnya. Hal ini ditetapkan agar siswa tidak bentrok dengan kegiatan simultan lain dari guru mapel lainnya. Bagi guru tertentu dimanfaatkan kegiatan Penilaian tengah semester baik sebelum atau sesudah jadwal kegiatan Zoom Meeting jadwal kelasnya
2. Menginformasikan kepada Guru melalui info grafik .
3. Himbauan kepada Walikelas masing-masing untuk menyampaikan info kegaiatan lainnya selama minggu zoom meeting di WAG. Dengan isi peasan sebagai berikut :
“Assalamualaikum...mohonmaaf mohon bantuannya untuk menginformasikan di grup ortu bahwa kelas 7 , 8 dan 9 dari hari Senin tanggal 28 September sampai 13 Oktober 2020 KBM akan dilaksanakan melalui zoom meeting...jadwal terlampir”. Jadwal Zoom Meeting mata pelajaran terjadwal setiap harinya mulai pukul 07.00-12.00 . Untuk siswa diinformasikan bahwa minggu ini jadwalnya penyesuaian zoom per satu mapel perharinya. Jadi tunggu undangan dari guru mapel masing-masing. Untuk memanfaatkan waktu maka sebaiknya menyelesaikan tugas-tugas yg belum terkirimkan. Baik mata pelajaran tertentu maupun yg lainnya. Jika ada anak yang bertanya tentang undangan zoom bisa langsung tanya gurunya. Wali Kelas diberi file pdf tentangang guru mapel dan kelas mata pelajaran yang diampunya.
4.
Menyebarkan vidio himbauan Kepala Sekolah dalam melaksanakan kegiatan ke media
sosial dan WAG Infodinas sekolah.
Adapun isi himbauannya adalah sebagai
berikut :
“ Assalamu’alaikum ibu/bapak guru SMPN 1
Baleendah. Sekolah kita pada mingu-mingu ini akan melaksanakan program
pembelajaran berbasis teleconference . Hal ini dilakukan bertujuan membangun
silaturahim dan chemistry guru dengan siswanya agar partisipasi belajar semakin
baik. Gunakan dan manfaatkan kuota belajar bantuan pemerintah dengan baik.
Laksanakan kegiatan dengan prinsip fleksibelitas dan kolaborasi dengan rekan
kerja di sekolah. Selamat bereksperimen dan berpengalaman untuk yang terbaik
bagi siswa dan para guru. Wassalamu’alaikum warahmatullahi waba rakatuh “.
5. Guru melaksanakan MGMP per mapelnya dengan
di Lab.Komp dan Ruang BK pada hari mulai Selasa, 29 September 2020 dengan
agenda menginstal aplikasi, menyususn jadwal undangan, membuat pra simulasi.
Melakukan simulasi dengan pengenalan fitur zoom dan rencana penyampaian konten
m ateri. Guru diminta membuat
perencanaan dengan pola format sebagai berikut :
Nama |
: .................. |
Mata Pelajaran |
: .................. |
Hari |
: ................... |
Tanggal |
: .................... |
Jadwal
SESI |
PUKUL |
KELAS 7 |
KELAS 8 |
KELAS 9 |
|||
1 |
08.00-08.40 |
||||||
2 |
09.00-09.40 |
|
|||||
3 |
10.00-10.40 |
|
|||||
4 |
11.00-11.40 |
|
|||||
Ket Hadir |
|
....Orang |
....Orang |
||||
Materi yang akan disampaikan : |
|||||||
1. Sapa dan salam dan do’a |
|||||||
2. Mengingatkan protokol kesehatan dan pendidikan karakter. |
|||||||
3. Evaluasi PJJ dan Resolusi PJJ |
|||||||
4. ........... |
|||||||
5. Mengingatkan daftar hadir dan mengisi soal PTS |
|||||||
6. Tutup, Salam |
|||||||
Mengetahui, |
Baleendah ........... 2020 |
||||||
Kepala SMPN 1 Baleendah |
Guru Mata Pelajaran |
||||||
................................ |
............................ |
||||||
NIP. |
NIP. |
||||||
a. Panduan-panduan yang disampaikan untuk
guru-guru
Ibu
bapak guru mengusulkan jam dan tingkat kelas ke sekolah. Nanti oprator yang
buatkan undangan atau ibu/bapak guru yang buat. Untuk pembelajaran model video conference
maka hal yang perlu disiapkan oleh guru sebagai berikut :
1.
Akun google email aktif sebagai user zoom meeting
2.
Aplikasi zoom meeting (versi PC jika menggunakan laptop mandiri dan versi
android jika menggunakan HP)
3.
Headset dan mic masing masing (di lab di sediakan tapi penggunaan bersama)
4.
Perencanaan Materi Zoom termasuk tema
seputar mapelnya dengan durasi 40 menit.
5.
Daftar hadir siswa diarahkan menghunakan absenku di web sekolah.
6.
Mengisi format laporan pelaksanaanya melalui google form.
b. Panduan bagi siswa
Berikut tujuh tips saat mengikuti vidio conference bersama anak-anak.
1. Menggunakan akun dengan nama asli
lengkap
2. Menggunakan profile picture/display
picture dengan portrait diri asli (tidak menggunakan gambar binatang,
pemandangan atau lainnya)
3. Memakai busana yang sopan, sesuaikan
dengan agenda forumnya (terutama busana atas yang akan tertangkap kamera). Ya
usahakan membiasakan anak berseragam dengan kondisi BDR agar disiplin tetap
terjaga walau sangat minimalis
4. Mengatur posisi yang baik di depan layar
komputer atau layar handphone, posisi duduk menghadap frontal ke layar/kamera
5. Tidak melakukan aktivitas makan, minum,
bicara dengan orang lain maupun dengan telepon yang tertangkap mic dan kamera
6. Selalu matikan mode suara (mute) dan
matikan mode video saat sedang tidak berbicara
7.Pada saat diskusi, silakan mengacungkan
tangan atau menulis di Chat Box untuk mendaftar bicara. Jika moderator meminta,
baru unmute dan nyalakan mode videonya.
7. Guru menyebarkan undangan kegiatan Zoom meeting .
8. Guru melaporan pelaksanaan kegiatan zoom meeting setiap mapelnya . Kegiatan Zoom Meeting dilaksanakan pada hari mulai pukul 08.00-12.00 di sesuai jadwalnya masing-masing Laboratorium Komputer WebCam dengan menggunakan Komputer dengan alat headset earphone dan MIC
Selanjutnya guru melaporan materi Zoom Meeting kepada pihak kusikulum. Selama kegiatan zoom meeting merekam kegiatan di komputer masing-masing. Demikian juga guru mengisi google form kehadiran kegiatan setiap sesinya. Diakhir kegiatan mebuat screenshot dan mensave chating di zoom. Guru memutar ulang rekaman kegiatan zoom untuk mendapatkan reflesi dan catatan-catan yang penting untuk bahan diskusi kelompok mata pelajaran dan bahan penyemapaian kepada siswa.
10:04:15 From
Educhild ina : Apa khabar semuanya ?
10:04:20 From
Fajar Ahmad Nursyamsa 9.5 : baik
10:04:24 From
Ratu Fortuna Dziaul Haq : baik
10:04:27 From
auza salsa 9.5 : Alhamdulilah baik
10:04:28 From
Rowentino Alfonsius Sinaga 9.5 : baik
10:04:32 From
Dhenna Oktora 9.5 : alhamdulillah baik
10:04:32 From
Muhamad Sidik 9.5 : baik
10:04:33 From
Devinta Naza N : baik pakk
10:04:39 From
Firmansyah Sudira : baik pak
10:04:40 From
Feliska Afandi 9.5 : baik pak
10:04:45 From
Mutiara zahra 9.5 : baik pak
Guru meminta
siswa untuk menuliskan kesan PJJ selama ini sebelum zoom meeting pada pelajaran
matematika .
10:05:31 From
Dhenna Oktora 9.5 : kesan :
10:05:54 From
Dhenna Oktora 9.5 : kesannya menyenangkan
10:06:47 From
Fajar Ahmad Nursyamsa 9.5 : kesan: Tidak menyenangkan pak materinya
tidak bisa di mengerti
10:07:30 From
Dhenna Oktora 9.5 : menyenangkan hanya materinya kurang paham
10:08:55 From
Muhamad Sidik 9.5 : kesan :
kurang
menyenangkan karena memakai kuota yang lumayan banyak , materi lumayan di
mengerti , dapat mengenal wajah teman teman
10:09:45 From
Siti Waharbane Piliang_9.5 : reaksi: t
Guru meminta siswa untuk menuliskan kesan jika PJJ diberlakukan
selama satu tahun pelajaran pada pelajaran matematika .
10:10:16 From
Muhamad Sidik 9.5 : reaksi : tidak mau
10:10:27 From
Dhenna Oktora 9.5 : reaksi nya agak sedih
10:10:42 From
Fajar Ahmad Nursyamsa 9.5 : reaksi: Gak mau pusing
Guru meminta siswa untuk menuliskan pola pelajaran matematika jika menghadapi kesulitan
saat kbm.
10:11:00 From
Feliska Afandi 9.5 : pusing pak
10:14:18 From
Denda Cendra Pranata 9.5 : liat ke youtube pak
10:15:57 From
Fajar Ahmad Nursyamsa 9.5 : kalo gak ngerti materi tanya ke kakak atau cari caranya di gogle
Guru meminta siswa untuk menuliskan usulan pada gurunya pada
pelajaran matematika ke depan.
10:18:03 From
Educhild ina : usulan pjj matematika
10:18:09 From
Dhenna Oktora 9.5 : usulan :
10:18:40 From
Dhenna Oktora 9.5 : jika ada materi baaru dijelasin lewat vidio pak
caranya
10:18:49 From
Muhamad Sidik 9.5 : usulan pjj MTK :
pengertian
dalam setiap soal harus detail biar tidak keliru
10:20:02 From
Naifa Clarisa Asmara 9.5 : tugas nya jangan banyak banyak pak hehe
10:20:06 From
Siti waharbane Piliang_9.5 : usulan: lebih di perjelas pak penjelasan
materi nya dan lebih banyak di beri referensi setiap materi nya pak
10:20:09 From
Mutiara zahra 9.5 : usulan pjj matematika: lebih enak pakai zoom kyk
gini pak jadi guru pun bias ikut menjelaskan materi nya
10:20:21 From
Feliska Afandi 9.5 : lewat vidio, dan cara/rumusnya di kasih lewat Vidio
pak, hehe
10:20:30 From
Tarishah Adibah 9.5 to Educhild ina(Privately) : usulan:jika
memberi materi lebih baik bapa jelaskan lewat vidio
10:20:58 From
Fajar Ahmad Nursyamsa 9.5 : usulan PJJ MTK:
lebih
di perjelas lagi saat memberi materi contoh di kasih dengan video caranya
mengerjakan soal
10:21:41 From
Michael Judika Manogutua : lebih di perjelas pak penjelasan maternya
misalnya lewat video dan dikasih cara mengerjakan soalnya pak
Rangkuman
materi kegiatan zoom tadi pagi,tanggal 01 Oktober 2020 yaitu mengenai :
1.Kesehatan itu penting
2.Kuota gratis dari pemerintah untuk belajar di rumah
3.Kesan selama pembelajaran jarak jauh
4.Tentang pembiasaan belajar di rumah sesuai dengan pembelajaran di sekolah
5.Tanya jawab tentang penggunaan aplikasi zoom
6.Tanya jawab tentang pembelajaran jarak jauh
Manfaat menggunakan aplikasi zoom untuk pembelajaran adalah : 1)Menjalin tali silaturahmi dengan guru dan teman-teman, 2).Bisa berkomunikasi/berdiskusi dengan guru dan teman teman walaupun tidak tatap muka, 3)Salah satu cara agar belajar tidak membosankan(refreshing)
Kendala
saat kegiatan adalah :
Sementara dari aspek kompetensi
penggunaan aplikasi zoom meeting pada siswa terdapat data menunjukkan 10 anak
dengan skala 1, 24 anak dengan skala 2. 22 anak dengan skala 3, 3 anak dengan
skala 4 dan 3 anak dengan skala 5. Jika diolah maka jumlahnya 151 sedangkan
skore idealnya 310 ( 62 siswa x 5 point ). Sehingga tingkat kompetensi siswa
menggunakan perhitungan
Untuk aspek daya dukung pada siswa
terdapat data menunjukkan 12 anak dengan skala 1, 20 anak dengan skala 2. 17
anak dengan skala 3, 9 anak dengan skala 4 dan 3 anak dengan skala 5. Jika
diolah maka jumlahnya 154 sedangkan skore idealnya 310 ( 62 siswa x 5 point ).
Sehingga tingkat daya dukung siswa menggunakan perhitungan
No. |
Aspek |
Kesimpulan dan Catatan |
1. |
Keterampilan
menngunakan vitur zoom |
Guru
harus semakin inten dengan menngunakan pada mgmp baik sebagai partisipan
maupun sebagai host. |
2. |
Keterampilan
berinteraksi |
Guru
sudah berusaha mendorong siswa untuk interaksi dua arah dan multi arah. Siswa
masih belum berani menyampaikan gagasan dan idenya secara spontan dan terarah |
3. |
Fluensi
Komunikasi |
Guru
perlu memberi kesempatan semuanya terlibat tergali ide dan gagasannya. |
4. |
Penguasaan
konsep |
Konsep
perlu dikembangkan secara jelas dan matang melalui penyampaian share layar,
file, reaksi |
5. |
Ketrampilan
tata kelola peserta |
Guru
sebaiknya mengscreenshot untuk melihat nama, chat dan mengabsen masing-masing
agar terekam secara digital proses penyampaian materi. |
6. |
Refleksi
secara Umum |
Zoom
meeting perlu dikelola secara terampil dan perlu persiapan untuk menghasilkan
kegiatan yang efektif dan dapat disimpan rekamannya di youtube. |
7. |
Keikutsertaan |
88
: 25 ,89 : 25, 94 : 20 , 95 : 30, 96 : 35 |
8. |
Hasil
survey peserta |
Keterampilan
siswa dan daya dukung berupa serta alat yang digunakan |
9. |
Temuan
lapangan |
Perlunya
kegiatan group fase ke dua memberi kesempatan bagi yang belum berpartisipasi
dengan segmen laki-laki dan perempuan secara terpisah. |
Sedangkan untuk rekomendasinya guru
dapat mempermudah dan melakukan fleksibelitas KBMnya berdasarkan masukan para
siswa kelasnya masing-masing.
Melalui tulisan ini diharapkan ada
bahan inspirasi atau koreksi bagi penulias dalam berbagi pengalaman sesama guru
untuk kelancaran KBM bagi siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar